5 Daftar Kantor PPAT Notaris Sumedang Terbaik & Murah

Kantor Notaris Sumedang Murah. Sumedang merupakan kawasan yang menjadi pengembangan dari Kota Bandung. Tak heran bila daerah ini cukup ramai diminati, terutama para pebisnis properti.

Dikenal sebagai penghasil Tahu, Sumedang memiliki banyak sekali kantor notaris terdekat yang siap membantu masyarakat maupun pebisnis untuk membuat akta autentik.

Tak sedikit pula para notary public di daerah tersebut yang juga merangkap sebagai Petugas Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk wilayah Sumedang dan sekitarnya, seperti Ilham, Arisandi, Wulandari, dll.

Daftar Notaris Sumedang

Penasaran dimana saja alamat dan nomor telepon daftar-daftar notaris Sumedang tersebut? Nah, tanpa basa-basi lagi, yuk simak ulasan selengkapnya pada artikel dibawah ini! pastikan menyimak sampai akhir ya!

1. Nurjaman, SH., MMSI., M.Kn.

Foto Notaris Sumedang By Nurjaman SH
✅Alamat⚡ Jln. Pangeran Kornel No 211, Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat 45311
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.00 – 17.00) Sabtu (08.00 – 15.00)
✅Telp⚡ 0811 112 782
✅WA⚡ 0811 112 782

Nurjaman, SH., MMSI., M.Kn adalah salah satu notaris Sumedang yang terkenal ramah dan informatif pada kliennya.

Nurjaman, SH., MMSI., M.Kn ini siap memberikan layanan terkait kenotarisan, seperti perjanjian jual beli, pengalihan aset, buat akta nikah, pembuatan izin usaha (PT, CV, UD) dan lainnya.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Nurjaman, SH., MMSI., M.Kn ini memiliki kantor dengan letak strategis di Jalan Pangeran Kornel No 211, Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat.

Terdekat  10 Daftar No Telepon Kantor Notaris Gresik Murah Terbaik

2. Natalia Andriany, S.H., M.Kn

Foto By Natalia Andriany
✅Alamat⚡ Jln. Prabu Gajah Agung No 48a, Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, Jawa Barat 45621
✅Buka⚡ Senin – Jumat (09.00 – 16.00)
✅Telp⚡ 0813 7000 6434
✅WA⚡ 0813 7000 6434

Natalia Andriany adalah salah satu notaris di Sumedang yang terkenal baik dan ramah. Beliau ini sangat ahli dalam memberi layanan konsultasi terkait masalah kenotarisan yang dihadapi kliennya.

Na, buat kamu yang ingin konsultasi, boleh menemui Natalia Andriany. Saat ini, beliau memiliki kantor di Jalan Prabu Gajah Agung No 48a, Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, dengan jadwal buka setiap hari senin hingga jumat mulai pukul 9 pagi sampai 4 sore.

3. Yernita Anshory, S.H., M.Kn

Foto By Yernita Anshory SH
✅Alamat⚡ Jln. Kolonel Ahmad Syam No 52, Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.00 – 16.00) Sabtu (08.00 – 12.00)
✅Telp⚡ 0813 2603 6939
✅WA⚡ 0813 2603 6939

Kemampuan serta pengalaman notaris Sumedang yang dikenal dengan nama Yernita Anshory, S.H., M.Kn ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Yernita Anshory, S.H., M.Kn ini siap membantu kamu yang sedang butuh Jasa Hukum, Perikatan dan Peralihan Hak.

Yernita Anshory, S.H., M.Kn ini memiliki kantor di Jalan Kolonel Ahmad Syam No 52, Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

4. Ny Yuyun Yuhanah SH

Foto By Notaris Ny Yuyun Yuhanah SH
✅Alamat⚡ Jalan Raya Jatinangor No 43, Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.00 – 16.00) Sabtu (08.00 – 12.00)
✅Telp⚡ (0261) 779 5786

Kamu butuh bantuan untuk pembuatan akta tanah? Notaris Ny Yuyun Yuhanah SH yang ada di Jalan Raya Jatinangor No 43, Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang siap membantumu.

Terdekat  5 Daftar Kantor PPAT Notaris Sukoharjo Terbaik & Murah

Beliau adalah seorang notaris yang siap melayani perjanjian jual beli, pengalihan aset, pembuatan izin usaha (PT, CV, UD) dan juga buat akta tanah.

Berbicara soal tarif yang ditawarkan oleh Ny Yuyun Yuhanah SH ini masih cukup terjangkau. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi hotlinenya di nomor telepon (0261) 779 5786.

5. Retno Ayu Astrini, S.H., M.Kn

Foto By Retno Ayu Astrini
✅Alamat⚡ Jalan Palem Raya No 13 Blok B3, Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45362
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.00 – 17.00) Sabtu (07.30 – 13.00)
✅Telp⚡ 0819 0166 5455
✅WA⚡ 0819 0166 5455

Selain beberapa rekomendasi sebelumnya, kamu juga bisa konsultasi dengan Retno Ayu Astrini, S.H., M.Kn terkait masalah kenotarisan.

Beliau juga merupakan notaris Sumedang dengan banyak pengalaman. Sehingga kualitas layanan Retno Ayu Astrini, S.H., M.Kn ini tak perlu diragukan lagi.

Bagi kamu yang ingin konsultasi, informasi terkait tarif bisa tanyakan langsung dengan menghubungi Retno Ayu Astrini, S.H., M.Kn di nomor telepon tertera di atas.

Tips Memilih Notaris

Memilih Notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang tepat adalah langkah penting dalam proses transaksi properti. Selain reputasi yang baik, berikut beberapa tips lain dalam memilih Notaris/PPAT.

Mengecek Profil Notaris

Mengecek profil notaris atau PPAT adalah langkah penting dalam memastikan bahwa Kamu bekerja dengan profesional yang tepercaya dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan pengecekan profil mereka:

  • LinkedIn: Kamu dapat mencari profil notaris atau PPAT di LinkedIn untuk melihat koneksi mereka, pengalaman kerja, dan rekomendasi dari orang lain. Ini dapat memberikan wawasan tentang latar belakang dan reputasi profesional mereka.
  • Website Resmi: Idealnya, notaris atau PPAT memiliki website pribadi di mana Kamu dapat menemukan informasi tentang layanan yang mereka tawarkan, riwayat pekerjaan, dan portofolio. Melalui website ini, Kamu dapat menilai profesionalisme dan kredibilitas mereka.
  • Cek Asosiasi Profesional: Kamu dapat menggunakan website resmi seperti www.atrbpn.go.id/?menu=daftarPPAT untuk memeriksa keanggotaan notaris atau PPAT di asosiasi profesi mereka. Ini akan memberi Kamu kepastian bahwa mereka memiliki lisensi dan tunduk pada standar etika yang ketat.
  • Rekomendasi dan Review: Cari ulasan online atau testimonial dari klien sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas layanan mereka.
  • Periksa Riwayat Kerja: Perhatikan riwayat kerja dan pengalaman profesional notaris atau PPAT. Kamu ingin memastikan bahwa mereka memiliki pengalaman yang cukup dan spesialisasi dalam transaksi properti yang Kamu butuhkan.

Perhatikan Gaya Komunikasi

Memperhatikan gaya berkomunikasi pejabat notaris atau PPAT adalah langkah penting dalam menilai kredibilitas mereka dan memastikan bahwa Kamu memilih yang tepat sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa cara di mana gaya berkomunikasi mereka dapat membantu.

  • Penjelasan Detail: Pejabat notaris atau PPAT yang berkualitas akan memberikan penjelasan yang detail tentang proses jual beli rumah, dokumen-dokumen yang diperlukan, dan langkah-langkah yang harus diambil. Mereka akan dengan jelas menjelaskan hak dan kewajiban Kamu sebagai klien mereka.
  • Memberikan Informasi Lengkap: Mereka akan memberikan informasi yang lengkap tentang waktu penyelesaian kerja, biaya yang terlibat, dan prosedur yang harus diikuti. Hal ini membantu Kamu untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dan mencegah adanya kebingungan atau kesalahpahaman di kemudian hari.
  • Mengingatkan Risiko: Sebagai konsultan yang independen, pejabat notaris atau PPAT berkewajiban untuk memberikan informasi tentang risiko yang terkait dengan proses jual beli rumah. Mereka akan mengingatkan Kamu tentang potensi risiko dan memberikan saran tentang bagaimana cara menguranginya atau mengatasinya.
  • Kerja sama yang Transparan: Pejabat notaris atau PPAT yang baik akan menjalin kerja sama yang transparan dengan Kamu. Mereka akan terbuka terhadap pertanyaan atau kekhawatiran Kamu, dan berusaha untuk memberikan jawaban yang memuaskan. Komunikasi terbuka dan jujur adalah kunci dalam membangun hubungan yang baik antara klien dan pejabat notaris atau PPAT.
  • Mengikuti Etika Profesional: Pejabat notaris atau PPAT yang berkualitas akan mengikuti etika profesional dalam berkomunikasi. Mereka akan bersikap netral, objektif, dan tidak memihak dalam memberikan nasihat atau menyelesaikan transaksi. Hal ini membantu memastikan bahwa proses jual beli rumah berjalan dengan lancar dan adil bagi semua pihak yang terlibat.

Mendatangi Kantor Notaris

Mendatangi kantor notaris atau PPAT secara langsung adalah langkah yang baik jika Kamu tidak memiliki rekomendasi dari kerabat atau tidak yakin dengan pilihan yang tersedia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mendatangi kantor notaris/PPAT langsung dapat menjadi pilihan yang baik.

  • Proximity: Memilih kantor notaris/PPAT yang terletak dekat dengan rumah atau kantor Kamu dapat membuat proses lebih nyaman dan efisien. Kamu dapat dengan mudah mengunjungi kantor tersebut untuk konsultasi, menyerahkan dokumen, atau mengurus berbagai hal terkait transaksi properti.
  • Komunikasi Langsung: Interaksi langsung dengan notaris atau PPAT memungkinkan Kamu untuk menilai kredibilitas mereka dengan lebih baik. Kamu dapat melihat bagaimana mereka merespons pertanyaan, seberapa jelas penjelasan yang mereka berikan, dan seberapa ramah mereka dalam berkomunikasi.
  • Keamanan: Ketika Kamu mengunjungi kantor notaris/PPAT, Kamu dapat memperhatikan keamanan fisik kantor tersebut. Ini penting karena kantor notaris/PPAT biasanya menyimpan dokumen-dokumen penting dan berharga terkait dengan transaksi properti. Pastikan kantor tersebut memiliki sistem keamanan yang memadai untuk melindungi dokumen-dokumen tersebut.
  • Perbandingan: Dengan mendatangi beberapa kantor notaris/PPAT, Kamu dapat membandingkan layanan dan biaya yang mereka tawarkan. Ini dapat membantu Kamu memilih notaris atau PPAT yang menawarkan nilai terbaik.
  • Konsultasi Gratis: Banyak kantor notaris/PPAT menawarkan konsultasi awal secara gratis. Kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk bertemu dengan notaris atau PPAT, menjelaskan kebutuhan, dan mendapatkan informasi tentang proses serta biaya yang terlibat dalam transaksi properti.

Meminta Rekomendasi Teman

Meminta rekomendasi kepada keluarga atau kerabat adalah langkah bijak dalam memilih notaris atau PPAT untuk transaksi properti. Berikut alasan mengapa ini penting.

  • Kepercayaan: Kamu dapat mempercayai rekomendasi dari keluarga atau kerabat karena mereka memiliki hubungan emosional atau profesional yang kuat. Mereka tidak akan merekomendasikan notaris atau PPAT yang tidak mereka percayai atau yang memiliki reputasi buruk.
  • Pengalaman Pribadi: Keluarga atau kerabat yang telah menggunakan jasa notaris atau PPAT tertentu dapat memberikan wawasan berharga tentang pengalaman mereka. Mereka dapat berbagi tentang kualitas layanan, kemudahan kerja sama, dan keseluruhan pengalaman transaksi properti dengan notaris atau PPAT tersebut.
  • Reputasi: Dengan mendengar rekomendasi dari keluarga atau kerabat, Kamu dapat mengetahui reputasi notaris atau PPAT tersebut dalam komunitas atau lingkungan sekitar. Jika banyak orang yang memberikan rekomendasi positif, hal ini dapat menjadi indikasi bahwa notaris atau PPAT tersebut memiliki reputasi yang baik.
  • Pemahaman tentang Kebutuhan: Keluarga atau kerabat yang memberikan rekomendasi mungkin telah memahami kebutuhan Kamu secara lebih baik. Mereka dapat merekomendasikan notaris atau PPAT yang sesuai dengan jenis transaksi properti yang Kamu lakukan.
  • Mempercepat Proses Pemilihan: Dengan mendapatkan rekomendasi langsung dari keluarga atau kerabat, Kamu dapat menghemat waktu dan usaha dalam mencari notaris atau PPAT yang tepat. Kamu tidak perlu lagi melakukan riset panjang tentang berbagai pilihan, karena Kamu sudah memiliki rekomendasi yang dapat dipercaya.

Membandingkan Tarif

Membandingkan tarif jasa notaris atau PPAT adalah langkah penting dalam memilih yang terbaik. Berikut beberapa tips untuk membandingkan tarif mereka:

  • Lakukan Riset: Mulailah dengan melakukan riset tentang tarif notaris atau PPAT di daerah Kamu. Kamu dapat menggunakan internet, menghubungi beberapa kantor notaris, atau meminta rekomendasi dari orang lain untuk mendapatkan perkiraan harga.
  • Perbandingkan Penawaran: Setelah Kamu memiliki daftar beberapa notaris atau PPAT potensial, mintalah mereka untuk memberikan penawaran tertulis yang merinci biaya-biaya yang terkait dengan proses jual beli properti. Pastikan untuk meminta penjelasan tentang setiap biaya yang termasuk dalam penawaran.
  • Perhatikan Keterbukaan: Pilihlah notaris atau PPAT yang transparan tentang struktur tarif mereka. Hindari yang tidak mau memberikan informasi secara jelas atau terkesan menyembunyikan biaya-biaya tambahan.
  • Evaluasi Kualitas Layanan: Selain membandingkan harga, pertimbangkan juga kualitas layanan yang ditawarkan oleh setiap notaris atau PPAT. Meskipun tarif yang lebih rendah mungkin menarik, penting untuk memastikan bahwa Kamu juga mendapatkan layanan yang berkualitas dan profesional.
  • Perhitungkan Total Biaya: Selain biaya notaris atau PPAT itu sendiri, pertimbangkan juga biaya lain yang terkait dengan proses jual beli, seperti biaya pendaftaran, biaya administrasi, atau biaya tambahan lainnya. Hitunglah total biaya secara keseluruhan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang berapa banyak yang akan Kamu keluarkan.

Senior Tidak Jadi Jaminan

Benar sekali, keberadaan notaris atau PPAT senior tidak selalu menjamin reputasi yang baik. Meskipun pengalaman merupakan faktor penting dalam menilai kualitas mereka, namun ada faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan selain status senior.

  • Reputasi dan Jejak Record: Selain pengalaman, penting untuk mengevaluasi reputasi notaris atau PPAT tersebut. Kamu dapat mencari ulasan atau testimoni dari klien sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas layanan dan profesionalisme mereka.
  • Pengalaman dalam Kasus Serupa: Tanyakan kepada notaris atau PPAT tentang pengalaman mereka dalam menangani kasus yang serupa dengan situasi Kamu. Pengalaman khusus dalam bidang yang relevan dengan properti Kamu dapat memberikan keuntungan tambahan.
  • Komitmen terhadap Kualitas: Pastikan notaris atau PPAT tersebut memiliki komitmen terhadap pelayanan yang berkualitas dan etika profesional. Hal ini dapat tercermin dari cara mereka menangani klien dan tugas-tugas mereka.

Cek SK Notaris

Mengecek SK notaris atau PPAT memang sangat penting untuk memastikan keabsahan dan kelegalan mereka. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kamu lakukan untuk memeriksa SK notaris atau PPAT.

  • Periksa Plang atau Iklan: Biasanya, notaris atau PPAT yang sah akan menyertakan nomor SK mereka di plang atau iklan kantor. Pastikan untuk mencatat nomor tersebut.
  • Verifikasi Nomor SK: Setelah mendapatkan nomor SK, Kamu dapat memverifikasinya dengan mengecek apakah nomor SK notaris dan PPAT tersebut sama. Biasanya, SK notaris dan PPAT memiliki nomor yang berbeda.
  • Mengecek di Sekretariat Organisasi Notaris dan PPAT: Kamu juga dapat menghubungi atau mengunjungi sekretariat organisasi notaris dan PPAT di daerah setempat. Mereka dapat membantu Kamu memverifikasi keabsahan notaris atau PPAT yang akan Kamu gunakan dengan mengecek nomor SK.
  • Periksa di Website Resmi: Beberapa organisasi notaris dan PPAT memiliki website resmi di mana Kamu dapat memeriksa daftar anggota. Pastikan bahwa mereka terdaftar secara resmi.
error: Content is protected !!