5 Daftar Kantor Notaris Pekalongan Terbaik dan Murah

Kantor Notaris Pekalongan Murah. Memiliki letak yang sangat strategis diantara Jakarta dan Surabaya, membuat perekonomian Kota Pekalongan terbilang cukup maju dibanding kota-kota lain di Jawa Tengah, terutama dalam bidang industri, perikanan serta properti.

Banyaknya bisnis yang berkembang di Pekalongan, membuat pemerintah menempatkan beberapa notaris professional di daerah tersebut.

Para notaris Pekalongan tersebut bertindak sebagai pejabat yang dapat membantu masyarakat maupun pengusaha dalam mengesahkan tanda tangan, membuat akta perjanjian, atau memberikan penyuluhan hukum terkait dokumen legal.

Kantor Notaris Pekalongan

Dan berikut ini adalah 5 daftar nama Notaris Pekalongan terbaik yang bisa kamu temukan di daerah tersebut.

1. Alfi Hidayawati, SH, MKn

Foto Notaris Pekalongan By Alfi Hidayawati
✅Alamat⚡Jalan Raya Wonopringgo No 824, Logaten Selatan, Rowokembu, Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah 51181
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.00-16.00), Sabtu (08.00-12.00)
✅Telp⚡(0285) 4483617

Pengarahannya sangat jelas, prosesnya cepat sesuai keinginan klien, dan staff juga ramah, adalah beberapa alasan mengapa banyak orang merekomendasikan Alfi Hidayawati sebagai Notaris terbaik di Pekalongan.

Jasa yang diberikan pun beragam, sama seperti notaris yg ada di Kendal, Kebumen, Sukoharjo, Cilacap, Jepara, atau kota lainnya. Dari mulai balik nama, akta jual beli, pengesahan tanda tangan, dll.

2. Notaris & PPAT Setiadi, SH, MKn

Foto By Setiadi
✅Alamat⚡Jln. Blimbing Nomor 116-118, Sampangan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51152
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.00-16.30)
✅Telp⚡(0285) 423168

Mau pecah sertifikat? Biar urusannya gampang dan biayanya murah, bagaimana kalau kamu ke kantor Notaris Pekalongan milik Setiadi saja? Lokasinya berada di jalan Blimbing, Sampangan.

Terdekat  5 Daftar Kantor Notaris Pati Jawa Tengah Terbaik Murah

Buat kamu yang ingin konsultasi terlebih dahulu, Setiadi juga siap memberikan penjelasan mendetail. Jadi tak usah ragu menggunakan jasa beliau ya!

Oh iya, buat yang tertarik ingin meniti karir di kantor tersebut, perlu hati-hati ya! Karena ada banyak oknum penipu yg membuka lowongan kerja atas nama notaris ini! sebaiknya hubungi pihak terkait untuk kepastiannya.

3. Ade Alfriyan Rumrijono, SH, M.Kn

Foto By Ade
✅Alamat⚡Jln. Jawa Nomor 9, Bendan, Pekalongan Barat, Jawa Tengah 51119
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.00-17.00), Sabtu (08.00-13.00)
✅Telp⚡0816-4885-324
✅WA⚡0816-4885-324

Sama seperti Johansyah, Dwi Astutining, dan Laila, Ade Alfriyan Rumrijono juga merupakan salah satu notary terbaik yang ada di kota Pekalongan.

Beliau ini dapat membantu jasa legalisasi notaris, pengesahan surat wasiat & warisan, persiapan dokumen kenotariatan, pembuatan akta perjanjian / kontrak, jaminan utang piutang, peralihan hak dan masih banyak lagi layanan dokumen hukum lainnya.

Untuk memberikan kemudahan bagi kamu yang belum sempat datang ke kantor, Ade siap melayani janji temu atau konsultasi secara online. Lebih lanjut, telepon ke kontak diatas!

4. Mochammad Lukman, SH, M.Kn

Foto By Mochamad Lukman
✅Alamat⚡Jln. Kusuma Bangsa No 27, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Jawa Tengah 51141
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.30-16.00)
✅Telp⚡0856-2620-851
✅WA⚡0856-2620-851

Jasa salinan resmi, tanda tangan notary, pengesahan akta, dokumen surat kuasa, kontrak, kredit pembelian mobil, pendaftaran properti, pernyataan konfirmasi, pinjaman, sertifikat hukum, wasiat & warisan, pembayaran adalah contoh beberapa layanan yang diberikan oleh Mochamad Lukman.

Notaris di Pekalongan ini juga menjabat sebagai PPAT yang siap membantu kamu membuat akta jual beli tanah. Hubungi kontak tersedia untuk pelayanan lebih lanjut ya!

Terdekat  5 Daftar Kantor PPAT Notaris Lampung Selatan Terbaik

5. Shafira Khairunnisa SH, MKn

Foto By Shafira
✅Alamat⚡Jln. Hos Cokroaminoto No 9 blok A, Kuripan Kidul, Pekalongan Selatan, Jawa Tengah 51134
✅Buka⚡ Senin – Jumat (08.00-16.00), Sabtu (08.00-12.00)
✅Telp⚡0815-4836-0360
✅WA⚡0815-4836-0360

Kantor Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah Shafira Khairunnisa ini didirikan pada tahun 2019. Notary public Pekalongan tersebut siap melayani pelayanan dibidang hukum khususnya kenotariatan.

Seperti pendirian badan hukum, akta perjanjian, jual beli tanah, hibah, waris, APHB dan pembuatan akta lainnya.

Semoga dengan adanya 5 daftar notaris Pekalongan diatas, dapat membantu kamu menyelesaikan urusan-urusan terkait akta atau surat hukum lainnya.

Tips Memilih Notaris

Memilih Notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang tepat adalah langkah penting dalam proses transaksi properti. Selain reputasi yang baik, berikut beberapa tips lain dalam memilih Notaris/PPAT.

Mengecek Profil Notaris

Mengecek profil notaris atau PPAT adalah langkah penting dalam memastikan bahwa Kamu bekerja dengan profesional yang tepercaya dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan pengecekan profil mereka:

  • LinkedIn: Kamu dapat mencari profil notaris atau PPAT di LinkedIn untuk melihat koneksi mereka, pengalaman kerja, dan rekomendasi dari orang lain. Ini dapat memberikan wawasan tentang latar belakang dan reputasi profesional mereka.
  • Website Resmi: Idealnya, notaris atau PPAT memiliki website pribadi di mana Kamu dapat menemukan informasi tentang layanan yang mereka tawarkan, riwayat pekerjaan, dan portofolio. Melalui website ini, Kamu dapat menilai profesionalisme dan kredibilitas mereka.
  • Cek Asosiasi Profesional: Kamu dapat menggunakan website resmi seperti www.atrbpn.go.id/?menu=daftarPPAT untuk memeriksa keanggotaan notaris atau PPAT di asosiasi profesi mereka. Ini akan memberi Kamu kepastian bahwa mereka memiliki lisensi dan tunduk pada standar etika yang ketat.
  • Rekomendasi dan Review: Cari ulasan online atau testimonial dari klien sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas layanan mereka.
  • Periksa Riwayat Kerja: Perhatikan riwayat kerja dan pengalaman profesional notaris atau PPAT. Kamu ingin memastikan bahwa mereka memiliki pengalaman yang cukup dan spesialisasi dalam transaksi properti yang Kamu butuhkan.

Perhatikan Gaya Komunikasi

Memperhatikan gaya berkomunikasi pejabat notaris atau PPAT adalah langkah penting dalam menilai kredibilitas mereka dan memastikan bahwa Kamu memilih yang tepat sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa cara di mana gaya berkomunikasi mereka dapat membantu.

  • Penjelasan Detail: Pejabat notaris atau PPAT yang berkualitas akan memberikan penjelasan yang detail tentang proses jual beli rumah, dokumen-dokumen yang diperlukan, dan langkah-langkah yang harus diambil. Mereka akan dengan jelas menjelaskan hak dan kewajiban Kamu sebagai klien mereka.
  • Memberikan Informasi Lengkap: Mereka akan memberikan informasi yang lengkap tentang waktu penyelesaian kerja, biaya yang terlibat, dan prosedur yang harus diikuti. Hal ini membantu Kamu untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dan mencegah adanya kebingungan atau kesalahpahaman di kemudian hari.
  • Mengingatkan Risiko: Sebagai konsultan yang independen, pejabat notaris atau PPAT berkewajiban untuk memberikan informasi tentang risiko yang terkait dengan proses jual beli rumah. Mereka akan mengingatkan Kamu tentang potensi risiko dan memberikan saran tentang bagaimana cara menguranginya atau mengatasinya.
  • Kerja sama yang Transparan: Pejabat notaris atau PPAT yang baik akan menjalin kerja sama yang transparan dengan Kamu. Mereka akan terbuka terhadap pertanyaan atau kekhawatiran Kamu, dan berusaha untuk memberikan jawaban yang memuaskan. Komunikasi terbuka dan jujur adalah kunci dalam membangun hubungan yang baik antara klien dan pejabat notaris atau PPAT.
  • Mengikuti Etika Profesional: Pejabat notaris atau PPAT yang berkualitas akan mengikuti etika profesional dalam berkomunikasi. Mereka akan bersikap netral, objektif, dan tidak memihak dalam memberikan nasihat atau menyelesaikan transaksi. Hal ini membantu memastikan bahwa proses jual beli rumah berjalan dengan lancar dan adil bagi semua pihak yang terlibat.

Mendatangi Kantor Notaris

Mendatangi kantor notaris atau PPAT secara langsung adalah langkah yang baik jika Kamu tidak memiliki rekomendasi dari kerabat atau tidak yakin dengan pilihan yang tersedia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mendatangi kantor notaris/PPAT langsung dapat menjadi pilihan yang baik.

  • Proximity: Memilih kantor notaris/PPAT yang terletak dekat dengan rumah atau kantor Kamu dapat membuat proses lebih nyaman dan efisien. Kamu dapat dengan mudah mengunjungi kantor tersebut untuk konsultasi, menyerahkan dokumen, atau mengurus berbagai hal terkait transaksi properti.
  • Komunikasi Langsung: Interaksi langsung dengan notaris atau PPAT memungkinkan Kamu untuk menilai kredibilitas mereka dengan lebih baik. Kamu dapat melihat bagaimana mereka merespons pertanyaan, seberapa jelas penjelasan yang mereka berikan, dan seberapa ramah mereka dalam berkomunikasi.
  • Keamanan: Ketika Kamu mengunjungi kantor notaris/PPAT, Kamu dapat memperhatikan keamanan fisik kantor tersebut. Ini penting karena kantor notaris/PPAT biasanya menyimpan dokumen-dokumen penting dan berharga terkait dengan transaksi properti. Pastikan kantor tersebut memiliki sistem keamanan yang memadai untuk melindungi dokumen-dokumen tersebut.
  • Perbandingan: Dengan mendatangi beberapa kantor notaris/PPAT, Kamu dapat membandingkan layanan dan biaya yang mereka tawarkan. Ini dapat membantu Kamu memilih notaris atau PPAT yang menawarkan nilai terbaik.
  • Konsultasi Gratis: Banyak kantor notaris/PPAT menawarkan konsultasi awal secara gratis. Kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk bertemu dengan notaris atau PPAT, menjelaskan kebutuhan, dan mendapatkan informasi tentang proses serta biaya yang terlibat dalam transaksi properti.

Meminta Rekomendasi Teman

Meminta rekomendasi kepada keluarga atau kerabat adalah langkah bijak dalam memilih notaris atau PPAT untuk transaksi properti. Berikut alasan mengapa ini penting.

  • Kepercayaan: Kamu dapat mempercayai rekomendasi dari keluarga atau kerabat karena mereka memiliki hubungan emosional atau profesional yang kuat. Mereka tidak akan merekomendasikan notaris atau PPAT yang tidak mereka percayai atau yang memiliki reputasi buruk.
  • Pengalaman Pribadi: Keluarga atau kerabat yang telah menggunakan jasa notaris atau PPAT tertentu dapat memberikan wawasan berharga tentang pengalaman mereka. Mereka dapat berbagi tentang kualitas layanan, kemudahan kerja sama, dan keseluruhan pengalaman transaksi properti dengan notaris atau PPAT tersebut.
  • Reputasi: Dengan mendengar rekomendasi dari keluarga atau kerabat, Kamu dapat mengetahui reputasi notaris atau PPAT tersebut dalam komunitas atau lingkungan sekitar. Jika banyak orang yang memberikan rekomendasi positif, hal ini dapat menjadi indikasi bahwa notaris atau PPAT tersebut memiliki reputasi yang baik.
  • Pemahaman tentang Kebutuhan: Keluarga atau kerabat yang memberikan rekomendasi mungkin telah memahami kebutuhan Kamu secara lebih baik. Mereka dapat merekomendasikan notaris atau PPAT yang sesuai dengan jenis transaksi properti yang Kamu lakukan.
  • Mempercepat Proses Pemilihan: Dengan mendapatkan rekomendasi langsung dari keluarga atau kerabat, Kamu dapat menghemat waktu dan usaha dalam mencari notaris atau PPAT yang tepat. Kamu tidak perlu lagi melakukan riset panjang tentang berbagai pilihan, karena Kamu sudah memiliki rekomendasi yang dapat dipercaya.

Membandingkan Tarif

Membandingkan tarif jasa notaris atau PPAT adalah langkah penting dalam memilih yang terbaik. Berikut beberapa tips untuk membandingkan tarif mereka:

  • Lakukan Riset: Mulailah dengan melakukan riset tentang tarif notaris atau PPAT di daerah Kamu. Kamu dapat menggunakan internet, menghubungi beberapa kantor notaris, atau meminta rekomendasi dari orang lain untuk mendapatkan perkiraan harga.
  • Perbandingkan Penawaran: Setelah Kamu memiliki daftar beberapa notaris atau PPAT potensial, mintalah mereka untuk memberikan penawaran tertulis yang merinci biaya-biaya yang terkait dengan proses jual beli properti. Pastikan untuk meminta penjelasan tentang setiap biaya yang termasuk dalam penawaran.
  • Perhatikan Keterbukaan: Pilihlah notaris atau PPAT yang transparan tentang struktur tarif mereka. Hindari yang tidak mau memberikan informasi secara jelas atau terkesan menyembunyikan biaya-biaya tambahan.
  • Evaluasi Kualitas Layanan: Selain membandingkan harga, pertimbangkan juga kualitas layanan yang ditawarkan oleh setiap notaris atau PPAT. Meskipun tarif yang lebih rendah mungkin menarik, penting untuk memastikan bahwa Kamu juga mendapatkan layanan yang berkualitas dan profesional.
  • Perhitungkan Total Biaya: Selain biaya notaris atau PPAT itu sendiri, pertimbangkan juga biaya lain yang terkait dengan proses jual beli, seperti biaya pendaftaran, biaya administrasi, atau biaya tambahan lainnya. Hitunglah total biaya secara keseluruhan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang berapa banyak yang akan Kamu keluarkan.

Senior Tidak Jadi Jaminan

Benar sekali, keberadaan notaris atau PPAT senior tidak selalu menjamin reputasi yang baik. Meskipun pengalaman merupakan faktor penting dalam menilai kualitas mereka, namun ada faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan selain status senior.

  • Reputasi dan Jejak Record: Selain pengalaman, penting untuk mengevaluasi reputasi notaris atau PPAT tersebut. Kamu dapat mencari ulasan atau testimoni dari klien sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas layanan dan profesionalisme mereka.
  • Pengalaman dalam Kasus Serupa: Tanyakan kepada notaris atau PPAT tentang pengalaman mereka dalam menangani kasus yang serupa dengan situasi Kamu. Pengalaman khusus dalam bidang yang relevan dengan properti Kamu dapat memberikan keuntungan tambahan.
  • Komitmen terhadap Kualitas: Pastikan notaris atau PPAT tersebut memiliki komitmen terhadap pelayanan yang berkualitas dan etika profesional. Hal ini dapat tercermin dari cara mereka menangani klien dan tugas-tugas mereka.

Cek SK Notaris

Mengecek SK notaris atau PPAT memang sangat penting untuk memastikan keabsahan dan kelegalan mereka. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kamu lakukan untuk memeriksa SK notaris atau PPAT.

  • Periksa Plang atau Iklan: Biasanya, notaris atau PPAT yang sah akan menyertakan nomor SK mereka di plang atau iklan kantor. Pastikan untuk mencatat nomor tersebut.
  • Verifikasi Nomor SK: Setelah mendapatkan nomor SK, Kamu dapat memverifikasinya dengan mengecek apakah nomor SK notaris dan PPAT tersebut sama. Biasanya, SK notaris dan PPAT memiliki nomor yang berbeda.
  • Mengecek di Sekretariat Organisasi Notaris dan PPAT: Kamu juga dapat menghubungi atau mengunjungi sekretariat organisasi notaris dan PPAT di daerah setempat. Mereka dapat membantu Kamu memverifikasi keabsahan notaris atau PPAT yang akan Kamu gunakan dengan mengecek nomor SK.
  • Periksa di Website Resmi: Beberapa organisasi notaris dan PPAT memiliki website resmi di mana Kamu dapat memeriksa daftar anggota. Pastikan bahwa mereka terdaftar secara resmi.
error: Content is protected !!